Seputar Alat keamanan di Bandara


alat keamanan di bandara
Bagi teman-teman yang sering bepergian dengan pesawat terbang tentu sudah mengetahui bahwa sebelum memasuki ruang check in kita harus melewati pos pemeriksaan, tujuannya untuk memastikan bahwa kita tidak membawa barang-barang yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan. Mungkin terkesan agak ribet tapi pemeriksaan ini sangat penting untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Ada beberapa peralatan pengamanan sebelum kita memasuki area bandara, yaitu :

1. Peralatan X-ray

xray detector

Adalah peralatan detector yang digunakan untuk mendeteksi secara visual semua barang bawaan calon penumpang pesawat udara yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan dengan cepat tanpa membuka kemasan barang tersebut. Peralatan X-Ray dapat diklasifikasikan menurut fungsi dan kapasitasnya yaitu :

- X-Ray Cabin
- X-Ray Bagage
- X-Ray Cargo.

2. Walk-Through Metal Detector

alat keamanan di bandara


Adalah peralatan detector berupa pintu yang digunakan untuk mendeteksi semua barang bawaan yang berada dalam pakaian/badan calon penumpang pesawat udara yang terbuat dari metal dan dapat membahayakan keselamatan penerbangan, seperti senjata api, senjata tajam dan benda lain yang sejenis.

3. Hand-Held Metal Detector

Hand-Held Metal Detector


Adalah peralatan detector tangan yang digunakan untuk mendeteksi posisi/letak semua barang bawaan yang terdapat pada pakaian/badan calon penumpang pesawat udara yang terbuat dari bahan metal dan dapat membahayakan keselamatan penerbangan, seperti senjata api, senjata tajam dan benda lain yang sejenis.

4. CCTV (Closed Circuit Television)


cctv

Adalah peralatan kamera yang digunakan untuk memantau situasi dan kondisi secara visual pada semua ruang/wilayah di lingkungan terminal bandara dalam rangka pengamanan.

Itulah beberapa alat keamanan yang terdapat di Bandara. Semua prosedur keamanan ditujukan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam penerbangan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua dan bisa menambah pengetahuan kita seputar dunia penerbangan.





Nama Anda
New Johny WussUpdated: 10:41
CB