Kualitas Pelatihan dan Pengujian GMF AeroAsia Diakui Uni Eropa

JAKARTA - PT GMF AeroAsia meraih sertifikat approval Aircraft Maintenance Training Organization (AMTO) 147 dari European Aviation Safety Agency (EASA), otoritas penerbangan sipil Uni Eropa.

GMF AeroAsia

GMF dinilai telah memenuhi persyaratan yang ditentukan untuk mendapatkan sertifikasi EASA 147. Dengan memiliki sertifikat ini, EASA mengakui kualitas pelatihan sekaligus pengujian peserta pendidikan perawatan pesawat yang diselenggarakan oleh GMF.

Siaran pers GMF menyebutkan kepastian sertifikasi itu diperoleh setelah EASA mengirimkan keterangan tertulis secara resmi yang ditandatangani oleh Wilfred Schulze selaku Kepala Departemen Organisasi EASA pada 13 Juli 2013. Keterangan tertulis ini sebagai pengukuhan atas hasil audit yang telah dilaksanakan EASA terhadap GMF AeroAsia pada 15-17 Mei 2013.

Pengakuan ini berlaku untuk pelatihan kategori B1 dan B2 baik teori maupun praktek untuk pesawat B737/600/700/800/900 yang menggunakan engine CFM56. "Pengakuan yang diberikan EASA sesuai dengan batasan yang telah ditentukan dalam sertifikasi ini," kata Wilfred Schulze dalam siaran pers GMF, Senin (15/7/2013).

Vice President Learning Services and Corporate Culture GMF Hermawan Syahrul mengatakan pengakuan yang diberikan EASA tidak hanya untuk organisasi pelatihan perawatan yang diselenggarakan GMF, tetapi juga untuk hasil pengujian dan sertifikat pelatihan yang diterbitkan oleh GMF Learning Services.

Organisasi pelatihan perawatan ini diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan internal GMF terhadap teknisi perawatan yang handal, terampil, dan memiliki kompetensi berskala global. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan eksternal, baik industri penerbangan nasional maupun internasional yang membutuhkan layanan pendidikan teknisi perawatan pesawat.

Sertifikat approval AMTO 147 EASA merupakan yang pertama bagi GMF setelah sebelumnya Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) menyetujui AMTO 147 bagi GMF.

"Dengan memiliki sertifikat pengakuan nasional dan internasional, jasa pelatihan perawatan pesawat telah menjadi salah satu keunggulan GMF dalam mengembangkan kompetensi sumber daya manusianya. Organisasi pelatihan perawatan ini menjadi nilai lebih bagi GMF di pasar perawatan pesawat dunia," katanya.

Sumber : bisnis.com


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08:36
CB