Uji Coba Lancar, Bandara Kualanamu Beroperasi 25 Juli

Bandara Kualanamu Beroperasi 25 Juli
foto diambil dari : tempo.co
"Lewat simulasi ini kami ingin mengevaluasi seluruh bagian bandara..."
Medan - Kepala Project Manajemen Unit Pembangunan Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, Bambang Wasito, menyatakan uji coba atau simulasi operasional bandara yang dilaksanakan hari ini, Sabtu, 6 Juli 2013 berjalan lancar. Tujuan uji coba ini, kata dia, untuk mengevaluasi dan memahami masing-masing fungsi bagian bandara sebelum dioperasikan pada 25 Juli 2013.

"Lewat simulasi ini kami ingin mengevaluasi seluruh bagian bandara. Beberapa hari ini sebelum operasional, akan kami gunakan untuk perbaikan bagian-bagian mana saja yang perlu disempurnakan," kata Joko, Sabtu, 6 Juli 2013.

Dalam simulasi yang melibatkan 1.700 petugas, kata Joko, semua berjalan lancar dan secara umum seluruh bagian bandara sudah selesai dibangun dan diuji. "Hasil simulasi ini menjadi evaluasi menyeluruh," kata Joko. Dalam uji coba tadi, seakan-akan ada delapan maskapai yang bersiap lepas landas.

Operasional bandara Kualanamu dilaksanakan pada 25 Juli mendatang. Di hari yang sama, operasional Bandara Polonia akan dihentikan. Polonia akan dikembalikan kepada TNI Angkatan Udara dan menjadi pangkalan pesawat.

Bandara Polonia memiliki luas 144 hektare. Sedangkan Bandara Kualanamu dibangun di atas lahan seluas 1.365 hektare lengkap dengan fasilitas kereta api yang terhubung langsung dari Kota Medan ke bandara internasional dengancall sign KNO itu.

Kapasitas Bandara Polonia hanya 900 ribu penumpang per tahun, jauh dibanding Kualanamu yang diharapkan dapat menampung 8,1 juta penumpang per tahun pada pembangunan tahap pertama. Sedangkan pada pembangunan tahap kedua diharapkan menampung 15 juta penumpang per tahun, dan 22,18 juta penumpang pada tahap ketiga.

Perbandingan Bandara Polonia dan Kualanamu, Polonia hanya dapat menampung 11 pesawat. Sedangkan Bandara Kualanamu diharapkan mampu menampung 21 pesawat, yang terdiri dari 11 pesawat Boeing 747-400, tujuh Boeing seri 737, dan tiga pesawat Airbus A300.

Sumber : tempo


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 17:25
CB