Panduan Wisata Jogja

panduan wisata ke jogja

Gambaran umum Yogyakarta

Yogyakarta adalah tujuan paling populer kedua bagi wisatawan yang berkunjung di Indonesia. Yogyakarta merupakan jantung budaya serta di memiliki sebutan sebagai kota pelajar di karena kan banyaknya masyarakat domestik maupun mancanegara untuk menuntut ilmu. Yogyakarta di sebut sebagai tujuan populer kedua karena wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta masih belum sebanyak di pulau dewata, Bali.

Yang dapat ditemui

Hal yang harus Anda lihat jika berkunjung ke Indonesia, khususnya di Yogyakarta adalah beberapa Candinya. Seperti candi Budha terbesar di dunia, yaitu: Borobudur dan candi Hindu: Prambanan, yang memiliki gaya arsitektur yang halus dan lebih mengesankan di bandingkan candi Borobudur. Dua hal ini adalah alasan banyaknya wisatawan yang berkunjung. Satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan, jika Anda berkunjung di musim panas dan tertarik pada kesenian budaya maka Anda harus melihat pertunjukan Ramayana ballet yang berada di depan candi Prambanan.

Yang dapat dilakukan

Anda memiliki jiwa petualang?, maka tidak salah jika Anda pergi ke Yogyakarta. Di Yogyakarata ada beberapa gua yang dapat Anda kinjungi dan biasanya gua-gua di sekitar Yogya ini menjadi tempat para pecinta alam untuk berkegiatan seperti halnya susur gua, seperti Goa Pindul yang baru di buka dan masih sangat ramai di kunjungi.

Makanan yang harus dicoba

Makanan khusus dari Jogja adalah Nasi Gudeg. Gudeg terbuat dari nangka muda yang direbus selama beberapa jam dan dicampur dengan rempah-rempah, gula dan santan. Gudeg biasa disajikan dengan nasi putih, ayam, telur, tahu, tempe serta sayur cabe. Perpaduan antara manisnya gudeg dengan pedasnya sayur serta gurihnya santan akan memberikan pengalaman wisata kuliner Anda berbeda.

Obyek wisata dekat Yogyakarta

Agrowisata Mangunan


argowisata mangunan


Kebun buah Mangunan berada di Kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berjarak 35 km dari pusat kota Yogyakarta, agrowisata ini dibangun di atas area seluas 23,34 hektar pada tahun 2003 oleh Permerintah Kabupaten Bantul. Lokasi ini berada di kawasan perbukitan kaki Pegunungan Seribu dengan ketinggian 150-200m di atas permukaan laut.

Agrowisata Mangunan memiliki berbagai macam koleksi tanaman buah-buahan, diantaranya durian, mangga, jeruk dan jambu. Di tempat ini kamu bisa menikmati aneka buah-buahan yang bisa langsung kamu petik. Tapi tidak semua buah bisa tersedia dalam satu waktu karena ada beberapa buah berdasarkan musimnya. Untuk bisa memetik dan menikmati aneka buah langsung dari pohonnya, kamu diharuskan membayar sesuai dengan tarif yang ditentukan. Selain tanaman buah-buahan, pengunjung juga dapat melihat beberapa koleksi satwa, seperti rusa dan monyet. Agrowisata ini memiliki gardu pandang yang berada di puncak bukit, kamu bisa menikmati pemandangan alam pegunungan seribu yang indah.

Gembiraloka Zoo

gembiraloka zoo jogja

Gembiraloka atau yang lebih akrab dengan sebutan Gembiraloka Zoo adalah semacam kebun binatang yang terletak di daerah Yogyakarta atau lebih tepat nya di Jalan Kebun Raya No. 02 (jalan dari Titik 0 KM Yogyakarta atau pusat Kota Yogyakarta ke arah Timur). 

Lalu apa saja yang ada di kebun binatang ini? Wahh... banyak banget. Tapi tentu nya kita akan disuguhi beraneka ragam satwa baik hewan ataupun tumbuhan. Dari mulai melihat hewan Jenis Mamalia (Harimau Sumatera, Harimau Putih, Unta, Beruang Madu, Orang Utan, dll), Jenis Burung atau Unggas (kakatua, Nuri Bayan, Julang Emas, Merak Hijau, dll), Jenis Reptilia (Monitor Pohon, Viper Wagleri, Soa Payung, dll), Jenis Amfibi (Katak Bibir Putih, Katak Pacman, Katak Tomat, dll), Jenis Ikan (Ikan Discus, Piranha, Niasa, Arapiama Raksasa, dll) atau mau lihat Jenis Tumbuhan ada juga, misal Jenis Kelapa Sawit, Secang, Kesambi, dll.

Pantai Parangtritis

pantai parangtritis jogja

Pantai yang sangat populer di kota Yogyakarta. Terletak sekitar 27 km ke arah selatan dari pusat kota Yogyakarta. Di pantai ini disediakan pula Dokar Wisata, Komplek Kerajinan Kerang dan Pelelangan Ikan Hias serta persewaan ATV (All Terrain Vechile) yang biayanya sekitar Rp 50.000 - Rp 100.000 per setengah jam. Selain menawarkan keindahan alam, pantai ini juga sering digunakan untuk berbagai acara seperti Labuhan, Upacara Pisungsung ataupun Ziarah Malam.

Kraton Yogyakarta

kraton jogja

Kraton Yogyakarta terletak di tengah pusat kota Yogyakarta. Kraton ini dulunya didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I di tahun 1755. Sebagian kompleks Kraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, seperti replika pusaka kraton dan berbagai macam gamelan. Diantaranya adalah Museum Kereta Keraton Yogyakarta, Museum Kraton Yogyakarta dan Museum Batik.

Selain berbagai benda budaya & arsitektur anda dapat melihat pertunjukkan karawitan, macapat, wayang kulit ataupun wayang orang yang selalu dipentaskan sekitar pukul 10.00 - 12.00 di bangsal Sri Manganti.

Candi Borobudur

candi borobudur

Candi ini terletak di 15 km sebelah selatan Gunung Tidar atau kira-kira 40 km sebelah utara kota Yogyakarta. Konon candi ini dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno dan merupakan candi terbesar di abad ke-9. Candi ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa di kompleknya. Borobudur berbentuk punden berundak terdiri dari 10 tingkat. Tingginya sekitar 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 setelah direnovasi. Dan setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia

Bangunan terdiri dari 4 bagian. Bagian pertama disebut Kamadhatu (melambangkan manusia yang masih terikat dengan nafsu), empat tingkat di atasnya disebut Rupadhatu (melambangkan manusia yang sudah terbebas dari nafsu tapi masih terikat rupa dan bentuk) dan tiga tingkat di atasnya lagi disebut Arupadhatu (melambangkan manusia yang sudah tidak terikat dengan nafsu, rupa dan bentuk), sedangkan yang paling atas disebut Arupa (melambangkan nirwana tempat Sang Budha bersemayam).

Candi Prambanan

candi prambanan

Candi Prambanan merupakan peninggalan kebudayaan Hindi terbesar di Indonesia, Candi Prambanan memiliki pesona keindahan tersendiri sebab selain tata letaknya yang menakjubkan Candi Prambanan juga menyimpan kisah sejarah dan legenda yang sangat menarik dan unik dengan latar belakang kisah percintaan maka dari itu Candi Prambanan patut di kunjungi wisatawan

Candi Prambanan terletak tepat di tepi jalan raya sekitar 17 km dari Yogyakarta menuju Solo, untuk itu Candi Prambanan merupakan obyek wisata andalan. Karena letaknya yang sangat strategis dan mudah di jangkau dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.Candi Prambanan merupakan kompleks karena di kawasan ini tidak hanya terdapat satu candi, namun tiga candi dengan bangunan utama Candi Prambanan yang di bangun pada abad 9 M dengan arsitektur yang indah dan memiliki ketinggian sekitar 47 meter. Ketiga bangunan tersebut melambangkan Trimurti, yaitu ajaran tentang tiga dewa utama yang terdiri dari Candi Siwa (Dewa Pelebur) yang berada di tengah, Candi Brahma (Dewa Penjaga) berada di selatan dan Candi Wisnu (Dewa Pencipta) berada di utara. Sedangkan di depan terdapat tiga candi kecil yang melambangkan wahana atau kendaraan para dewa, yaitu: Candi Nandi (Kerbau) yang merupakan kendaraan bagi Dewa Siwa, Candi Angsa kendaraan bagi Dewa Brahma dan Candi Garuda yang merupakan lambang kendaraan Dewa Wisnu.

Malioboro

jalan malioboro jogja

Malioboro adalah tempat yang wajib Anda kunjungi saat traveling ke Yogakarta (Jogja). Jangan ngaku pernah ke Jogja jika belum pernah mengunjungi Malioboro. Ya, Malioboro memang sangat identik dengan Jogja. Kawasan yang dipenuhi dengan pertokoan di kiri kanan jalannya ini memang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama jika waktu liburan tiba. Malioboro adalah jalan satu arah mulai dari Stasiun Tugu sampai Kantor Pos Besar Kota Yogyakarta. Selain dipenuhi dengan pertokoan, sepanjang jalan di kawasan ini juga dipenuhi dengan deretan para pedagang kakilima yang menggelar dagangannya di emperan toko.

Menyusuri sepanjang Malioboro memberi pengalaman tersendiri untuk Anda. Di sepanjang jalan, Anda bisa menjumpai berbagai macam souvenir khas Jogja seperti kerajinan perak, rotan, wayang kulit, batik dan juga blangkon. Aneka macam souvenir ini bisa Anda peroleh dengan harga terjangkau. Apalagi jika Anda pandai menawar. Beraneka macam jajanan khas Jogja seperti bakpia, pecel, es dawet dan sate gajih pun bisa Anda jumpai di sana. Menjelang malam jalan Malioboro juga dipenuhi dengan aneka pedagang kuliner. Anda bisa menikmati aneka kuliner sembari duduk lesehan dan diiringi lagu-lagu dari para pengamen jalanan. Tersedia pula angkringan khas Jogja yang siap menjamu Anda dengan hidangan khasnya. Benar-benar asik bukan? So, ojo lali yo sempatkan diri Anda berkunjung ke Jogja. (disarikan dari Utiket).

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jika karena suatu alasan Anda menyukai tulisan di blog ini, silakan dishare agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Jika ada hal yang kurang jelas silakan tinggalkan komentar. Mohon berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar. Terima kasih


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11:13

0 comments:

Post a Comment

CB