Tiket Kereta Api Online. Inilah Cara Mencari Harga dan Membelinya

tiket kereta api online

Berikut adalah penjelasan tentang cara mencari harga dan membeli tiket kereta api online. Selamat membaca.

Apakah Anda mempunyai rencara bepergian dengan menggunakan kereta api dalam waktu dekat ini? Bepergian dengan kereta api merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien apabila Anda akan bepergian dengan jarak yang cukup jauh dari pada menggunakan mobil atau sepeda motor.  Kabar bagus untuk Anda bahwa sekarang PT KAI (PT Kereta Api Indonesia) telah memberikan layanan pemesanan tiket kereta api online. Dengan layanan tiket kereta api online ini, kita tidak perlu repot datang ke stasiun untuk mencari harga tiket kereta api dan memesannya di sana. Ya, untuk mencari harga tiket kereta api dan memesannya sekarang bisa dilakukan sambil duduk di rumah di depan komputer melalui internet. Namun masih banyak yang bingung atau belum tahu bagaimana cara mencari harga tiket kereta api dan membeli tiket kereta api online ? Berikut kami coba menjelaskannya.

 #1 Mencari Harga Tiket Kereta Api Online Melalui Situs Resmi PT KAI

Sudah barang tentu mencari harga tiket kereta api online melalui situs resmi PT KAI  adalah pilihan utama yang harus Anda lakukan. Karena harga yang ditampilkan di situs PT KAI adalah harga yang realtime atau harga jual resmi dari PT KAI. Pemesanan tiket kereta api online dapat dilakukan untuk keberangkatan mulai dari H-90 hari. Artinya Anda dapat memesan tiket kereta api online untuk tanggal keberangkatan sampai sekitar tiga bulan ke depan. Silakan Anda kunjungi ke situs resmi pemesanan tiket kereta api online yaitu https://tiket.kereta-api.co.id Di sana akan ditampilkan formulir pencarian tiket kereta api online seperti di bawah ini.
pemesanan tiket kereta api online


Anda tinggal pilih tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan, jumlah penumpang kemudian klik tampilkan. Tahapan selanjutnya adalah memilih Armada (Nama kereta), memilih kelas dan harga tiket memilih tempat duduk, lalu mengisi data penumpang. Hal ini cukup mudah dilakukan, dan setelah selesai mengisi formulir pemesanan Anda akan mendapatkan invoice (tagihan) yang dikirim ke email Anda. Di dalam invoice tersebut  terdapat kode booking dan rincian tiket/rencana perjalanan Anda.
Cara Membayar Tiket Kereta Api Online

 #2 Membayar tiket Kereta Api Online Melalui Berbagai cara

Setelah mendapatkan invoice, tahapan selanjutnya adalah Anda diminta untuk melakukan pembayaran atas pemesanan tiket kereta api online yang dilakukan tadi. Untuk cara pembayaran, PT KAI memberikan beberapa pilihan cara pembayaran seperti bayar di kantos pos, Alfamart dan sebagainya. Daftar channel pembayaran tiket kereta api online selengkapnya dapat Anda lihat –> klik disini <–. Namun yang paling mudah adalah pembayaran lewat ATM karena saat ini kartu ATM adalah hal yang lumrah dimiliki setiap orang. kartu ATM dari mayoritas bank dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tiket kereta api online. Setelah melakukan pembayaran melalui ATM, Anda akan mendapat email yang berisi bukti pembayaran atas tiket yang dipesan. Silakan Anda print bukti pembayaran tersebut

invoice tiket kereta api online

#3 Menukarkan Bukti Pembayaran dengan Tiket Kereta Api Asli

Tahapan selanjutnya adalah Anda datang ke statiun kereta api terdekat untuk menukarkan bukti pembayaran dengan tiket kereta api yang asli. Anda dapat menukarkan tiket di stasiun langsung setelah mencetak bukti pembayaran. Waktu yang diperbolehkan untuk menukarkan tiket kereta api online adalah maksimal sampai dengan 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. Lebih cepat lebih bagus. Di stasiun biasanya disediakan tempat khusus untuk mencetak tiket yang dinamakan area Cetak Tiket Mandiri. Anda dapat mencetak tiket sendiri dengan memasukkan data ke komputer yang disediakan.


ceta tiket mandiri

#4 Mencari Harga Tiket Kereta Api Online Melalui Aplikasi Khusus Smartphone

Ini adalah terobosan baru PT KAI yaitu menyediakan aplikasi khusus untuk mencari harga tiket kereta api online sekaligus melakukan pemesanan dari smartphone Android, IPhone, Blackberry ataupun Windows Phone. Anda tinggal download aplikasinya yang bernama Kereta Api Access di Play Store, Blackberry Market atau Apple Sotre. Tahapan pemesanannya kurang lebih sama dengan pemesanan lewat situs PT KAI yaitu pilih tanggal, rute, armada, harga dan isi data penumpang. Kemudian lakukan pembayaran setelah mendapat invoice.


kereta api access


Cara Lain Memesan Tiket Kereta Api 

5 Alternatif Membeli Tiket Kereta Api Melalui Penyedia Jasa / Agen Tiket

Apabila karena sesuatu hal Anda tidak bisa melakukan pemesanan sendiri, Anda bisa melakukan pemesanan tiket kereta api melalui channel-channel PT KAI seperti kantor pos, Alfamart ataupun agen tiket terdekat. Karena biasanya agen tiket sekarang sudah terpadu melayani pemesanan tiket pesawat dan kereta api. Mungkin ada sedikit biaya tambahan  (administrasi) untuk pemesanan di agen tiket. Besarnya biaya administrasi tergantung kebijakan agen tiket itu sendiri. Mungkin Rp 10.000 atau Rp 20.000 bisa saja. Namun ini adalah hal yang wajar karena sebanding dengan manfaat/kemudahan yang Anda peroleh dari pada harus pergi ke stasiun. Dari agen tiket Anda akan mendapatkan bukti pembayaran yang bisa ditukarkan dengan asli tiket kereta api di stasiun. Daftar lengkap channel pemesanan tiket kereta api dan ketentuan pemesana dapat Anda temukan –> klik disini <–


chanel pembayaran tiket kereta api


Demikianlah cara mencari harga dan membeli tiket kereta api online. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jika karena suatu alasan Anda menyukai tulisan di blog ini, silakan dishare agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Jika ada hal yang kurang jelas silakan tinggalkan komentar. Mohon berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar. Terima kasih


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 05:31

0 comments:

Post a Comment

CB