Terminal II Bandara Juanda Surabaya Enak, Nyaman dan Modern

terminal 2 bandara juanda surabaya


SURABAYA  – Terminal II Bandara Juanda Surabaya dibangun dengan konsep bandara modern. Tak aneh jika terminal ini menjadi icon PT Angkasa Pura (AP) I, sebagai induk perusahaan pengelola bandara itu.

Terminal ini didesign modis dan modern, yang bukan hanya menjadi tempat transit orang atau barang angkutan udara, tapi juga kepentingan lain seperti bisnis, jasa dan lainnya.

Terminal II Bandara Juanda diresmikan Presiden SBY dan saat itu Dirut AP I dijabat oleh Tommy Sutomo. Terminal ini dibangun dengan konsep modern, maju dan efisien serta menggunakan dana internal perusahaan.

Selain dilengkapi fasilitas dan gerai Imigrasi, karantina dan bea cukai, Terminal II Bandara Juanda juga dilengkapi gerai retail yang menawarkan berbagai dagangan khas mulai lapis Surabaya, aneka kerajinan khas Jawa Timur.

Terminal tak lagi dibuat sakral atau tak semua orang boleh masuk. Justru tampilan luar terminal dibuat ramah pengunjung bahkan menarik bagi pemilik modal.

Seperti dilihat saat ini, di Terminal II Bandara Juanda dilengkapi outlet atau gerai yang menjual berbagai kebutuhan penumpang bahkan masyarakat yang datang. Kini lobby utama Terminal II disiapkan space untuk ruang pamer aneka jenis mobil keluaran terbaru.

Orang datang atau pergi ke bandara bisa langsung belanja. Bagi penumpang yang transit pun tak perlu sulit untuk mencari perlengkapan mulai alat mandi, pakaian, sampai Cafe dan restauran ada semua.

Data yang dikutip dari managemen Bandara Juanda, semua aneka bisnis sampai oleh-oleh khas Surabaya yang dijajakan di Bandara Juanda dilayani dan diakukan anak perusahaan AP I sendiri. Paling tidak bermitra dengan mereka.

Fasilitas Terminal Modern

Semua fasilitas pelayanan umum, mulai toilet, ruang tunggu, musholla dan counter check in tersedian dalam jumlah yang cukup. Bagi pengguna jasa yang haus, tersedia fasilitas air bersih dan bisa langsung dikonsumsi.

“Semua dijamin kesersihan dan kehalalannya. Termasuk di dalamnya fasilitas untuk kaum difable,” kata Kahumas Bandara Juanda Surya Eka menjawab beritatrans.com di Surabaya, Selasa (8/9/2015) petang.

Khusus Terminal II mampu melayani sedikitnya 6 juta penumpang per tahun. Bandara Juanda juga berhasil meraih penghargaan toilet terbersih selama 3 tahun berturut-turut.

Pantauan beritatrans.com di Bandara Juanda, Selasa (8/9/2015) Terminal II bandara tersebut sudah beroperasi 24 jam. Beberapa maskapai nasional dan asing beroperasi di Terminal II yaitu Garuda Indonesia, AirAsia Indonesia serta maskapai asing yang masuk ke Surabaya.

Surya Eka mengatakan, untuk membantu dan mempercepat mobilitas penumpang dari Terminal I ke Termina II atau sebaliknya disiapkan suttle bus gratis. Selain itu juga tersedia angkutan umum terutama bus DAMRI dengan tujuan Terminal Bungurasih, dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Jika ingin cepat dan muda, tersedia taksi bahkan travel yang siap mengantar penumpang sesuai tujuan. Armada angkutan umum itu siap melayani penumpang untuk penerbangan perdana sampai menunggu penerbangan terakhir dari bandara terbesar di Jawa Timur itu.

Surya menambahkan, penumpang tak perlu khawatir tak bisa melanjutkan perjalanan meski tiba di Surabaya malam hari. “Semua angkutan umum yang melayani trayek ke Bandara Juanda siap mengantisipasi semua itu,” tandas Surya.

Sebelumnya, Airport Security Departemen Head Letkol Sukirman mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan aparat TNI AL dan Polri untuk mengaja dan mengamankan area publik Bandara Juanda.

Sementara, di area terbatas Bandara Juana diamankan petugas security yang terlatih dan profesional. “Semua personel keamanan di Bandara Juanda profesional dan memenuhi standard keamanan dan keselamatan penerbangan dunia yang ditetapkan ICAO,” tegas Sukirman. (Sumber : beritatrans.com).


Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini. Jika karena suatu alasan Anda menyukai tulisan di blog ini, silakan dishare agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Jika ada hal yang kurang jelas silakan tinggalkan komentar. Mohon berkomentar dengan bahasa yang baik dan benar. Terima kasih


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 14:54

0 comments:

Post a Comment

CB